Sabtu, 03 November 2012

Pengaruh Kebudayaan Asing bagi Indonesia


Pada abad ke 21 ini kemajuan zaman sudah semakin pesat. Baik dalam kemajuan iptek ataupun imtak. Dan itu semua terjadi karena pengaruh globalisasi. Ya, globalisasi memang banyak membawa dampak, terutama untuk Indonesia. Salah satu dampak dari globalisasi bagi Indonesia ialah masuknya berbagai macam kebuadayaan asing ke Indonesia. Dan tentunya dengan masuknya budaya-budaya asing tersebut membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Contoh dari perubahan tersebut misalnya perubahan dari masyarakat yang tertutup menjadi masyarakat yang terbuka. Ya, itu semua memang dipicu oleh globalisasi. Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih juga merupakan faktor bagaimana cara kebudayaan asing masuk ke Indonesia.

Kemajuan teknologi seperti adanya parabola, internet dan lain-lain membuat negara kita dapat mengenal negara luar, baik negara yang letaknya dekat Indonesia ataupun negara yang letaknya amat jauh dari Indonesia. Kita sebagai masyarakat Indonesia dapat mengetahui bagaimana kebudayaan-kebudayaan di negara-negara luar sana. Dan dengan begitu terdapat dampak positif dan negatif dari adanya hal tersebut. Karena masyarakat Indonesia masih terlalu lemah dalam hal memilah-milah kebudayaan asing, sehingga mayoritas masyarakat Indonesia seakan membiarkan atau melupakan ciri khas bangsa kita, yakni berbagai macam kebudayaan dari negeri kita sendiri. Mayoritas mengikuti kebudayaan-kebudayaan asing tersebut, sehingga kebudayaan-kebudayaan Indonesia sendiripun terlupakan, tetapi itu juga bukan berarti kebudayaan atau kesenian di negara ini lenyap begitu saja. Melainkan hanya perlu pelestarian agar generasi-generasi selanjutnya dapat mengenal dan mewariskan kekayaan kebudayaan di negara kita ini.

Dampak-dampak yang ditimbulkan dari masuknya kebudayaan asing ke Indonesia ialah :
  1. Terjadi perubahan kebudayaan
  2. Pembauran kebudayaan
  3. Modernisasi
  4. Keguncangan budaya
  5. Penetrasi budaya
  6. Memperkaya keberagaman budaya
  7. Melemahnya nilai-nilai budaya bangsa

Kebudayaan-kebudayaan asing yang mudah diterima misalnya ialah :
  1. Kemajuan teknologi informasi. Dengan semakin canggihnya teknologi informasi kita dapat mencari tahu hal-hal apapun tentang dunia luar melalui internet. Dan bisa berkomunikasi dengan siapa saja dengan mudah, baik dengan orang satu negara bahkan dengan orang luar negeri. Dan juga dengan internet kita dapat mencari informasi-informasi tentang ilmu pengetahuan apapun. Selain penggunaan internet, penggunaan handphone dan komputer pun juga menjadi kebudayaan masyarakat Indonesia, karena itu semua dapat mempermudah kita untuk mencari informasi, berkomunikasi dan dalam hal menyelesaikan pekerjaan.
  2. Kemajuan teknologi dalam bidang industri. Dengan semakin canggih teknologi tersebut kita dapat dengan mudah mengolah lahan-lahan yang sulit diolah dengan teknologi-teknologi yang sudah lama. Untuk itu teknologi dapat membantu kita untuk memudahkan dalam menyelesaikan persoalan alam, ekonomi dan lain-lain di negara ini.

Kebudayaan-kebudayaan asing yang sulit diterima antara lain :
  1. Kebiasaan memakan makanan cepat saji. Seperti yang kita ketahui bahwa negara-negara luar terutama negara-negara barat suka sekali mengonsumsi makanan-makanan cepat saji. Dan itu pula yang di tiru oleh masyarakat kita. Mungkin dengan hidangan yang lezat dan disajikan dalam waktu singkat, membuat kita untuk sering sekali mengonsumsinya. Padahal kita semua tahu bahwa makanan cepat saji juga mempunya dampak yang negatif untuk tubuh kita dalam jangka panjang nanti.
  2. Cara bergaul anak remaja yang bebas. Itulah yang sedang dialami remaja-remaja masa kini. Cara bergaul yang bebas seperti itu yang membawa pengaruh buruk untuk moral remaja saat ini.
  3. Cara berpakaian. Hal ini mempunyai dampak positif dan negatif. Positifnya kita semua dapat tampil modis seperti orang-orang di negara barat sana. Tetapi mempunyai dampak negatif yang bisa membuat fatal. Dengan memakai pakaian yang memperlihatkan bentuk tubuh atau pakaian-pakaian terbuka, itu dapat memacu adanya tindak kriminal, seperti perkosaan, penculikan, dan lain-lain. Selain memacu tindak kriminal, hal ini juga dapat merusak moral seseorang. Karena dapat menimbulkan perbuatan yang tidak di inginkan, seperti zinah.

Dengan begitu, seharusnya kita sebagai masyarakat Indonesia dapat memilah-milah mana kebudayaan asing yang harus kita contonh dan mana yang harus kita tinggalkan. Agar kehidupan bangsa ini tetap maju tetapi tidak merusak moral dan melupakan kebudayaan bangsa ini. Marilah kita lestarikan budaya bangsa kita dan tetap memegang teguh prinsip kita untuk memajukan bangsa ini bersama-sama.





Sumber :
  1. http://wandapuspita.blogspot.com/2010/11/pengaruh-dan-dampak-budaya-asing-di.html
  2. http://endahdolls.blogspot.com/2011/05/kebudayaan-yang-mudah-diterima-dan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar