Rabu, 14 November 2012

Hidup Adalah Perjuangan


Hidup adalah anugerah yang diberikan Allah SWT kepada kita semua. Tetapi segala yang ada di hidup ini tidak semuanya mendatangkan kebahagiaan untuk kita. Ada kalanya kita pasti merasakan rasa sedih, marah, kecewa, gundah, curiga, dan sebagainya. Dan itu semua timbul bukan tanpa sebab, melainkan pasti ada sesuatu yang menyebabkan berbagai perasaan itu bermunculan.

Di hidup ini kita pasti mengenal apa itu ujian, cobaan, godaan, musibah, dan rintangan. Ya, itulah yang menyebabkan kita merasakan berbagai macam perasaan yang tidak kita inginkan. Mungkin kita masih diberikan jalan untuk dapat menghadapi segala cobaan dan rintangan tersebut. Tapi apakah kita berpikir bagaimana nasib mereka yang untuk hidup saja mereka harus berjuang hingga bercucuran keringat bahkan sampai mempertaruhkan nyawa mereka?

Cobalah agar kita bisa merenungkan kehidupan mereka yang masih lebih sulit kehidupannya dibanding dengan kita. Setidaknya kita masih bisa melakukan aktivitas apa saja dengan badan yang sehat, mempunyai tempat tinggal untuk berteduh dari malam, hujan maupun panasnya matahari, mempunyai keluarga yang utuh dan saling menyayangi, dan lain-lain. Tapi bagaimana dengan mereka yang terlantar dijalanan, yang untuk berteduh saja mereka mencari lapak di emperan toko-toko, yang tidak punya pekerjaan dan akhirnya mengamen, mengemis, bahkan menjadi pemulung untuk menafkahi diri sendiri dan keluarganya.

Inilah hidup. Hidup itu adalah pilihan. Pilihan apakah kita ingin bangkit atau tidak dari keterpurukan tersebut. Pilihan apakah kita ingin lebih maju dari yang sekarang atau monoton. Dan apakah kita akan tetap berdiam diri menikmati segala sesuatu yang sudah ada karena kita sudah nyaman dengan keadaan tersebut. Banyak orang berbondong-bondong bangkit demi kehidupan yang lebih baik lagi dalam berbagai segi. Yang terserang penyakit berusaha berusaha untuk sembuh dengan berobat kesana kesini. Yang pengangguran mencari pekerjaan halal kesana kemari. Yang nging sukses pun juga mencari berbagai jalan demi menuju keberhasilan dan kebahagiaan. Ya, kita semua memang ingin memiliki hidup yang sempurna, tapi sayangnya dalam hidup tidak ada yang sempurna selain Allah SWT. Tapi semua yang kita lakukan, semua perjuangan dan pengorbanan kita dalam hidup ini tidak ada yang sia-sia belaka. Percayalah. Tuhan tidak akan memberikan kita kesedihan tanpa disiapkan suatu kebahagiaan yang tidak pernah kita duga. Dan percayalah, dibalik tantangan, rintangan, cobaan, godaan, musibah bahkan ujian pasti telah dipersiapkan rencana yang lebih indah daripada rencana yang telah kita impikan. Semua tergantung dari bagaimana kita menghadapinya dan mengatasinya. So, never give up guys. Life must go on. Keep smiling and always spirit for your life! :)


sumber : google.com (gambar)

1 komentar: