Jumat, 12 Oktober 2012

Apa yang harus kita banggakan?


Pernahkah terlintas di pikiran kita bagaimana tingkah laku anak-anak muda jaman sekarang? Pernahkah kita memikirkan apa yang seharusnya mereka lakukan di kalangan usia mereka? Yap,perkembangan zaman. Itulah salah satu penyebab mengapa pola pemikiran dan tingkah laku anak-anak masa kini kian hari kian beragam.

Entah mengapa kalau diperhatikan banyak sekali hal-hal yang terjadi yang disebabkan oleh adanya perkembangan zaman atau globalisasi. Contohnya yang sering kita lihat adalah gaya hidup yang serba mewah dan cenderung ketergantungan ataupun gaya hidup yang lebih suka menghambur-hamburkan uang dibanding mengumpulkan uang.
Pernahkah kita berpikir bahwa gaya hidup seperti itu akan merugikan diri kita sendiri dikelak nanti? Pernahkah kita berpikir bagaimana sulitnya mencari uang dengan jerih payah sendiri? Pernahkah kita berpikir bagaimana orang tua kita susah payah mencari uang demi kita tetapi uang itu kitan pergunakan dengan cuma-cuma? Sesusah itu orang tua kita mencari nafkah untuk kita,tapi apakah pantas jika kita dengan mudahnya menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak penting? Seperti belanja berlebihan demi mengikuti gaya busana yang trendy dan mode seperti para artis luar negeri agar dibilang tidak ketinggalan zaman. Ataupun nongkrong sana nongkrong sini untuk kegiatan yang hanya buang-buang waktu,tenaga dan biaya.

Sebenarnya apa yang kita banggakan dari itu semua? Bangga belanja berlebihan dan nongkrong ditempat-tempat mewah dengan menggunakan uang orang tua? Bangga memakai baju atau aksesoris berlebihan dari hasil jerih payah orang tua? Bangga berlaga sok keren dengan pamer mobil baru ataupun motor baru yang notabene itu punya orang tua. Lalu apa yang harus dibanggakan dari itu semua? Bukankah itu semua milik orang tua kita?

Ya. Memang jarang sekali kaum muda yang menyadari hal itu. Seharusnya kita sebagai generasi bisa lebih baik menata masa depan kita sendiri. Untuk apa kita berperilaku tersebut kalaupun itu semua bukan milik kita pribadi. Walaupun kita memiliki semuanya pun kita diajarkan untuk tetap rendah hati dan bersikap tidak berlebihan. Temen-temen,mari kita menjadi generasi yang bisa menata masa depan dengan baik. Hidup mandiri,tidak mengandalkan apa yang orang tua kita miliki,tidak menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak bermanfaat dan untuk belajar menghasilkan uang dari prestasi yang kita dapatkan melalui kerja keras kita sendiri. Bukankah itu lebih membanggakan dan lebih nikmat rasanya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar