Minggu, 17 November 2013

Dampak Negatif Penggunaan Internet : Faktor Etiologi dengan Neuropsychology Model


Internet addiction atau yang dikenal dengan kecanduan internet ialah salah satu dampak yang disebabkan oleh adanya dan mudahnya mendapatkan serta menggunakan teknologi canggih seperti internet. Dimana setiap orang yang telah mengenal internet akan merasa puas jika menggunakan internet dalam berbagai kegiatan yang membutuhkan waktu singkat. Karena sikap ingin mengerjakan sesuatu dengan singkat tersebutlah masyarakat kita tidak bisa terlepas dari internet. Mulai dalam hal-hal penting seperti mencari informasi, bahkan sekedar mencari hiburan dengan menggunakan jejaring sosial yang telah disediakan oleh internet. Kondisi seperti inilah yang dinamakan dengan kecanduan internet / internet addiction.


Salah satu contoh dari internet addiction yang akan dibahas diblog ini adalah mengenai dampak negatif dalam penggunaan internet berdasarkan faktor etiologi dengan neuropsychological model.


Dampak negatif ialah suatu hal tidak baik yang muncul akibat dari suatu proses atau kejadian. Dimana dampak ini tentunya merugikan bagi sang pengguna. Sedangkan etiologi merupakan studi tentang penyebab, dan faktor etiologi berarti faktor penyebab. Serta yang dimaksudnya dengan neuropsychological ialah suatu kemunduran perilaku akibat adanya kerusakan otak. Dan neuropsychological model ialah seorang individu akan diklasifikasikan sebagai pecandu internet asalkan ia memenuhi dari 3 kondisi berikut, akan merasa akan lebih mudah mencapai aktualisasi diri secara online daripada di kehidupan nyata, akan pengalaman dysporia dan depresi setiap kali akses ke internet yang rusak atau mengalami gangguan dan yang ketiga ialah orang tersebut akan mencoba diam-diam menggunakan internet dari anggota keluarga atau sekitarnya.


 
Jadi bisa kita telaah dari berbagai pengertian yang telah dijelaskan diatas. Inti dari pembahasan kali ini ialah adanya dampak negatif dalam penggunaan internet berdasarkan faktor etiologi atau faktor penyebab dengan neuropsychological model. Dimana yang menjadi penyebab disini ialah karena sudah terbiasa menggunakan internet untuk apapun / kebiasaan, sehingga si pengguna tidak bisa lepas dari internet. Dan akhirnya mengakibatkan si pengguna mengalami perubahan perilaku dari yang selalu berinteraksi dengan orang sekitar secara nyata menjadi hanya mau berinteraksi dengan orang-orang di dunia maya. Atau menjadi tidak peduli lagi dengan keadaan sekitar karena sudah terlalu asyik dengan dunianya sendiri di dalam internet, apabila orang tersebut sudah mengalami kecanduan internet yang sangat parah.

Contoh-contoh akibat tersebut timbul tidaklah lain karena hanya asyik menggunakan internet saja. Melainkan dari kebiasaannya tersebut akhirnya didalam otak / syarafnya mengalami gangguan atau kerusakan. Dari kebiasaan tersebut, maka otak dan syarafnya hanya dapat terfokus pada hal-hal internet saja. Tidak ada yang hal-hal lain yang dapat dipikirkan oleh otaknya, jika orang tersebut benar-benar mengalami kecanduan level atas.

Itulah sekilas mengenai dampak negatif penggunaan internet berdasarkan faktor etiologi dengan neuropsychological model. Sang pengguna bisa menjadi anti sosial (ansos) karena sudah terlalu asyik dan nyaman dengan internetnya, menjadi tidak peduli akan lingkungan sekitarnya yang nyata, ataupun menjadi pendiam / tertutup di dunia nyata tapi aktif dan selalu bersuara di dunia maya. Dan masih banyak lagi dampak-dampak lainnya yang tidak bisa dijelaskan satu per satu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar