Minggu, 07 April 2013

Sistem Tata Surya


Subhanallah. Kita diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna di antara yang lainnya, yakni manusia. Dimana kita bisa tahu dunia dengan mudahnya. Dan tentu saja kita dapat menikmati semesta alam yang begitu indahnya. Semesta alam sendiri mempunyai 2 bagian, yaitu langit dan bumi. Dimana langit sendiripun juga memiliki sistemnya. Yang dikenal dengan sistem tata surya.
Tata surya adalah sekumpulan benda langit yang terdiri atas Matahari sebagai pusat tata surya dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek-objek tersebut termasuk planet-planet, asteroid, komet bahkan meteor.
  1. Matahari adalah bintang yang memancarkan cahayanya sendiri. Bintang yang berasal dikelas G2 yang berbentuk bulat pejal seperti bola gas berpijar. Matahari memang sangat panas sehingga berwujud gas dan memiliki tekanan yang sangat besar karena temperaturnya yang tinggi.
  2. Planet adalah anggota tata surya yang beukuran besar. Planet dapat berevolusi dan berotasi. Revolusi yakni berputar mengelilingi matahari dan rotasi yakni berputar pada porosnya. Dan kini tata surya memiliki 8 planet yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.
  3. Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya yang berasal dari cahaya matahari yang terpantul padanya.
  4. Asteroid secara umum adalah objek tata surya yang terdiri dari batuan dan mineral logam beku. Serbuk asteroid utama terletak di antara orbit Mars dan Jupiter dan diduga merupakan sisa dari bahan formasi tata surya yang gagal menggumpal karena pengaruh gaya gravitasi Jupiter.
  5. Komet yaitu sekumpulan partikel-partikel padat dan berevolusi terhadap matahari dengan eksentrisitas yang sangat besar. Komet berarti si rambut panjang. Orbit komet membentuk sudut terhadap ekliptika. Jadi periode komet sangat besar dan jarang terlihat.
  6. Meteor merupakan penampakan jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer bumi dan lazim disebut dengan bintang jatuh. Meteor yang sangat terang bahkan lebih terang dari Planet Venus dikenal dengan nama bolide.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar