Jumat, 15 Maret 2013

Mitos Nyi Roro Kidul


Nyi Roro Kidul, ya tentu kita semua sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut. Sebagaimana yang telah dikenal di masyarakat yang khususnya masyarakat Jawa, Nyi Roro Kidul sebagai Ratu Penguasa Laut Selatan. Roro yang berarti perempuan atau putri dan Kidul yang berarti selatan.
Nyi Roro Kidul adalah salah satu putri dari Prabu Siliwangi yang memerintah kerajaan Padjajaran yang buruk rupa dikarenakan suatu penyakit, dan karena putus asa Nyi Roro Kidul pun bunuh diri dengan cara menerjunkan diri ke pantai selatan yang kini dikenal dengan nama Pelabuhan Ratu. Dan konon setelah terjun ke laut, Nyi Roro Kidul berubah menjadi putri yang cantik dan menjadi penguasa pantai selatan. Hal tersebut lah yang menjadi mitos dan legenda hingga saat ini.
Mitos tentang Nyi Roro Kidul pun berkembang luas pula di masyarakat jawa tengah, terutama daerah Parang Tritis Daerah Istimewa Yogyakarta, dimana cerita tersebut menyebutkan bahwa daerah Parang Tritis merupakan tempat pertemuan Sultan Agung yang merupakan Raja Mataram Islam di daerah Kota Gede yang kini menjadi bagian dari wilayah Jogjakarta. Dan dalam mitos tersebut juga diceritakan bahwa Raja Sultan Agung sering mengadakan pertemuan dengan Nyi Roro Kidul di wilayah pantai selatan yaitu di Parang Tritis serta Parang Kusumo.
Beberapa versi menyeritakan bahwa Nyi Roro Kidul, oleh Raja Sultan Agung diangkat menjadi selir untuk memperkuat pemerintahan Raja Sultan Agung dengan menggabungkan kerajaan Mataram di dunia nyata dan kerajaan kasat mata yaitu di laut selatan. Beberapa tokoh masyarakat maupun paranormal berpendapat bahwa laut selatan merupakan kerajaan jin yang besar dan dipimpin oleh Nyi Roro Kidul.
Tidak hanya di wilayah Parang Tritis yang dijadikan pertemuan antara kedua ‘pemimpin’ tersebut, akan tetapi juga terdapat petilasan di daerah Dlepih Tirtomoyo Wonogiri bagian selatan yang masyarakat setempat sering menyebutnya dengan Kahyangan. Daerah tersebut memiliki pemandangan yang sangat indah yang merupakan sebuah sungai dengan bebatuan sangat besar serta terdapat air terjun kecil yang konon tempat tersebut dijadikan tempat memadu kasih antara Sultan Agung dan Nyi Roro Kidul.
Cerita dan mitos tersebut pun berkembang hingga kini dan menjadi bagian dari budaya. Tetapi ada kalangan yang tidak percaya berpendapat bahwa mitos tersebut sengaja diciptakan hanya untuk memperkuat legitimasi raja-raja jaman dahulu kala.
Dengan adanya legenda Nyi Roro Kidul tersebut, juga melahirkan mitos-mitos lain yang berhubungan dengan legenda tersebut. Yakni mengenai pantangan atau pamali ketika memasuki wilayah pantai Parang Tritis / Laut Selatan. Masyarakat banyak yang mengingatkan bahwa tidak boleh memakai pakaian atau apapun yang berwarna hijau jika memasuki area tersebut. Dan mereka saling bercerita mengenai kejadian-kejadian aneh di pantai tersebut. Antara lain dengan hilangnya orang karena gelombang pasang yang tiba-tiba datang atau ada orang yang mencoba menantang dengan sengaja memakai baju berwarna hijau, yang mengakibatkan Sang Ratu marah. Menurut mereka, bentuk kemarahan Sang Ratu dapat berupa serangan gelombang pasang secara tiba-tiba dan menyeret para wisatawan yang sedang berada di pinggir pantai itu ke tengah laut. Dan menurut mitos, apabila perempuan yang meninggal di pantai itu, akan dijadikan dayang-dayang istana di Laut Selatan dan apabila laki-laki yang meninggal, maka akan dijadikan bala tentaranya. Dan apabila lelaki tersebut berwajah tampan, dapat dijadikan selir-selirnya.
Itulah sekilas mengenai mitos dan legenda Nyi Roro Kidul yang kini amat terkenal di masyarakat Indonesia dan menjadi budaya daerah Jawa.

Pengertian Mitos, Cerita Rakyat, dan Legenda :  
  • Mitos atau mite (myth) adalah cerita prosa rakyat yang ditokohi oleh para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia lain (kahyangan) pada masa lampau dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Mitos juga disebut mitologi, yang kadang diartikan cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi dan bertalian dengan terjadinya tempat, alam semesta, para dewa, adat istiadat, dan konsep dongeng suci. Jadi mitos adalah cerita tentang asal usul alam semesta, manusia, atau bangsa yang diungkapkan dengan cara-cara gaib dan mengandung arti yang dalam. Mitos juga mengisahkan petualangan para dewa, kisah percintaan mereka, kisah perang mereka dan sebagainya.
  • Legenda atau cerita rakyat adalah cerita pada masa lampau yang menjadi ciri khas setiap bangsa yang memiliki kultur budaya yang beraneka ragam mencakup kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki masing-masing bangsa.
  • Legenda adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang empunya cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Walaupun demikian, karena tidak tertulis, maka kisah tersebut telah mengalami distorsi (pembelokan) sehingga sering kali jauh berbeda dengan kisah aslinya. Legenda juga mempunyai sifat bahwa ceritanya berhubungan dengan peristiwa sejarah., atau tentang suatu hal yang ajaib atau kejadian yang menandakan kesaktian.
Cerita tentang Nyi Roro Kidul tersebut termasuk ke dalam Legenda. Karena kisah Nyi Roro Kidul merupakan cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi dan mempunyai banyak versi walaupun tidak jauh dari cerita sebenarnya. Dan dalam kisah Nyi Roro Kidul juga berhubungan dengan sejarah yaitu kerajaan-kerajaan di masa lampau dan menandakan adanya kesaktian pada diri Nyi Roro Kidul tentang orang-orang yang melanggar pantangan / pamali daerah Laut Selatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar