Jumat, 07 November 2014

Ketidakpuasan Kerja pada PT. X

Sebuah perusahaan disamarkan menjadi PT. X mengalami penurunan dalam hal keuangan. Dimana PT.X yang dikenal sebagai perusahaan peralatan rumah tangga dan olahraga mengalami penurunan dalam segi keuangan hari demi hari. Dimana wanita dengan inisial SR merupakan salah satu karyawati di perusahaan tersebut juga mengeluhkan kondisi tempatnya bekerja saat ini.

Dia menceritakan bahwa dia mengalami ketidakpuasan dalam pekerjaannya. Dimana dalam hal pekerjaannya yang berperan sebagai call center, dia sering menerima telepon dari pelanggan yang mengungkapkan kritik, keluhan serta komplain terhadap produk dari perusahaan tersebut. SR menceritakan bahwa dia bisa menerima telepon komplain dari customer kira-kira lebih dari 3 telepon seharinya.

Dan konsekuensi yang telah ditetapkan perusahaan tersebut ialah para customer yang tidak puas atau tidak merasakan dampak positif dari produknya tersebut dapat mengembalikannya kembali pada pihak perusahaan. Dengan kata lain pula, perusahaan tersebut mengganti rugi dengan me-refund uang yang telah dibayarkan customer tersebut sebelumnya.

Dan efek dari semuanya pun terasa ketika tanggal pemberian gaji pada karyawan. Dimana para karyawan mengalami penundaan dalam menerima gaji mereka selama beberapa hari. Dan juga perusahaan tersebut tidak lama kemudian mengadakan PHK kepada beberapa karyawan.


Tanggapan dan Analisis :

Menurut saya pribadi sebaiknya perusahaan tersebut bisa lebih baik dalam mengelola sumber daya manusia beserta produk-produknya. Dimana harus diadakan pengecekan atau pengujian ulang terhadap produk-produk yang diperjualkan. Agar untuk selanjutnya tidak ada lagi kekecewaan pada diri pelanggan sehingga mereka tidak lagi memutuskan untuk mengembalikan uang dan barang yang telah dibeli sebelumnya.

Dan menurut teori kepuasan kerja yang ada, pada perusahaan tersebut terdapat banyak karyawan yang memang mengalami ketidakpuasan kerja dalam aspek produktivitas. Dan faktor yang sangat berpengaruh pada kasus tersebut ialah dimana ketidakpuasan kerja para karyawan pada pemberian gaji atau upah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar