Jumat, 10 Oktober 2014

Pensiun Dini

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa pensiun berarti orang yang sudah tidak bekerja lagi karena masa kerjanya telah usai tetapi tetap menerima tunjangan tiap bulannya. Pengertian tersebut dapat mengacu ke topik kali ini, yakni pensiun dini. Dimana pensiun dini adalah pensiun sebelum waktunya. Biasanya orang yang mengambil pensiun dini karena ia merasa jika karirnya di kantor sudah tidak bagus, tidak ada kemungkinan promosi dan gairah kerja semakin menurun. Biasanya hal ini dialami oleh karyawan yang berusia 40-an.

Berikut adalah contoh kasus pensiun dini. Tetapi fenomena pensiun dini ini ialah salah satu program dari sebuah perusahaan :

PT Gudang Garam Tbk di Kediri Jawa Timur hari ini mengumumkan program pensiun dini kepada ribuan karyawannya. Ada 2.088 karyawan borongan, SKT dan Operasional yang usia kerjanya minimal 20 tahun, bakal mendapat 'pesangon' 10 kali gaji plus.

Wakabid Humas PT Gudang Garam Tbk Iwhan Tricahyono menjelaskan ada beberapa keuntungan yang akan diterima karyawan yang ikut program pensiun dini, antara lain:

1. Dapat Uang Pensiun

Uang ini dibayarkan dimuka kepada Gudang Garam bagi karyawan yang ikut program ini. Namun besaran gaji masing-masing karyawan tak dirinci oleh pihak Gudang Garam.

"Karyawan dapat menerima uang pensiun di depan dengan tambahan 10 kali lipat dengan gaji yang diterimanya," kata Iwhan dalam konferensi pers di Kantor Unit 1, Kelurahan Semampir, Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (9/10/2014) 

2. Tambahan Uang Pensiun

Selain mendapat uang pesangon 10 kali gaji, para peserta program pensiun dini akan mendapat uang tambahan sebesar 50% dari uang gaji mereka per bulan "Senilai hampir 50% dari gaji bulanannya," katanya.

3. BPJS Hingga 55 Tahun Tetap Dibayar

Peserta yang usianya belum sampai 55 tahun namun sudah ikut program pensiun dini, maka pihak Gudang Garam tetap membayarkan iuran BPJS hingga usia peserta 55 tahun. Misalnya bila ada karyawan berusia 44 tahun ikut program pensiun dini, maka selama 15 tahun ke depan iuran BPJS akan tetap dibayar oleh pihak Gudang Garam.

Selain itu, karyawan yang memilih program ini juga dapat menikmati fasilitas pelatihan kewirausahaan untuk persiapan usaha saat hari tua.



Sumber : http://finance.detik.com/read/2014/10/09/153259/2714399/1036/program-pensiun-dini-karyawan-gudang-garam-dapat-pesangon-10-kali-gaji

2 komentar:

  1. Saya juga termasuk orang yang pensiun di usia yang terbilang cukup muda..
    atau mungkin ada yang bilang pensiun dini..
    hati2 kalo emang sudah ambil keputusan untuk pensiun dini..
    mendingan baca dulu ini sebelum pensiun dini :
    cara pensiun pada usia muda

    BalasHapus